Sukses

Perokok dan Non Perokok, Mana Lebih Cepat Botak?

14 Jun 2014, 22:07 WIB
Pria, 18 tahun.
saya mau bertanya dok, lebih cepat manakah kebotakan yg di alami perokok dengan yg bukan perokok ?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami memberikan sedikit penjelasan. Kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor hormonal dan merupakan problem setiap pria dewasa. Kebotakan pada dasarnya disebabkan karena kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan atau disebut dengan alopesia androgenika dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. 

Kadar hormon akan terganggu apabila terpapar zat zat yang merusak termasuk nikotin dan tar yang terkandung didalam rokok. Oleh karena itu sudah tentu orang yang merokok lebih cenderung mudah mengalami gangguan kebotakan dibandingkan pria yang tidak merokok.

Kebotakan tidaklah berbahaya selama bukan disebabkan karena infeksi atau gangguan kulit lainnya. Masalah yang timbul lebih menyangkut estetika dan kosmetika penampilan saja. Seringkali masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan hair piece atau perubahan model rambut. Cara ini adalah yang paling aman dan murah.

Selain itu, menangani kebotakan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan, seperti dengan minoxidil dan atau finasteride. Secara umum penggunaan minoxidil dalam pemantauan dokter termasuk aman dan efek samping yang biasanya timbul adalah menghilangnya garis rambut.

Cara lain yang lebih permanen dan seringkali memberikan hasil baik, adalah transplantasi rambut. Metode ini dilakukan dengan memindahkan folikel rambut dari daerah yang lebat dan masih bertumbuh ke daerah yang botak. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis jenis dan derajat penipisan rambut Anda, dan mendiskusikan pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Untuk serba-serbi mengenai Kebotakan, kami sertakan artikel yang berjudul: "Mengatasi Kebotakan".

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar