Sukses

Kehamilan dan Keputihan

20 Oct 2014, 00:00 WIB
Wanita, 19 tahun.
Siang dok :) Saya mau tanya nih seputar kehamilan :) Saya menikah sudah setahun, 4 bulan pertama saya menggunakan alat kontrasepsi (Kb). Dan sekarang saya ingin segera memiliki keturunan. Beberapa bulan terakhir haid saya sering telat,2-3 hari. Hari pertama terakhir saya haid tgl 6 mei dan di bulan juni saya belum haid sama sekali. Akhir2 ini saya sering pusinh, lelah bawaannya ngantuk terus. Pas bangun tidur badan rasanya pegel pegel. Perut ga enak. Kadang ada mualnya. Mau TP saya masih ragu dok soalnya saya masih aja keputihan seperti biasa saya mau haid tp ini lebih sedikit dan saya sering buang air kecil. Menurut dokter apaa saya hamil muda? Tp belum adaa perubahan dengan payudara saya seperti di artikel yg sering saya baca tp memang agak sedkit sakit ko :) mohon pencerahannya dok makasih :)
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Sebagai informasi bahwa tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Tidak ada cara lain yang lebih mudah dalam memastikan kehamilan selain dengan test pack. Apalagi Anda sempat menyampaikan bahwa Anda mengalami keputihan. Jika hasil test pack Anda positif maka segera periksakan diri Anda kedokter untuk memeriksakan kehamilan Anda, dan jangan lupa konsultasikan pula keluhan keputihan Anda agar dapat ditangani dengan tepat.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar