Sukses

Kaki Kanan Ibu Saya Bengkak, Disertai Rematik, dan Asam Urat

19 Oct 2014, 18:20 WIB
Wanita, 51 tahun.
Saya mau nanya , mama saya kaki nya bengkak di kaki sebelah kanan , bagian paha lutut . Beratnya 50 , tingginya 150 ,, umurnya 51 . Dy ada sedikit rematik dan lumayan tinggi asam uratnya , mama saya juga ada sedikit kolesterol . Apakah ada solusinya ?? atau gejala apa yang kemungkinan dengan itu? terima kasih . Tolong dibalas segera . Dia sudah bengkak kurang lebih 1 minggu , bengkak nya tidak besar besar banget , tp bengkaknya lumayan. Terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda alami saat ini. Gejela bengkak pada kaki merupakan sebuha dugaan akan adanya lemah jantung. Hal ini didalam dunia kedokteran kami sebut sebagai kardiomiopati. Kardiomiopati adalah suatu penyakit ketidakmampuan otot jantung memompa darah didalam rongga jantung, ada 3 tipe kardiomiopati hipertrofi, kardiomiopati restriktif dan yang paling sering adalah kardiomiopati dilatasi.

  • Kardiomiopati hipertrofi merupakan kelainan genetik dimana sel2 otot jantung terbentuk berlebih sehingga dapat mengakibatkan gangguan irama jantung (aritmia).
  • Kardiomiopati restriktif, biasanya disebabkan karena penyakit amyloidosis, sarcoidosis.
  • Kardiomiopati dilatasi yang sering juga dikenal dengan gagal jantung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jantung koroner, dimana terdapat sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga otot jantung menjadi rusak dan menjadi lemah dan melebar, mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penderita kadang sering mengalami sesak nafas, bila ini terjadi biasanya gagal jantung kiri. Sedangkan pada gagal jantung kanan, penderita sering mengeluh bengkak di kaki.

Penanganan "lemah jantung" tentu disesuaikan dengan penyebabnya, umumnya dengan konsumsi obat teratur dan perubahan gaya hidup. Diusia seperti ibu Anda, apalagi disertai dengan rematik dan asam urat maka dalam menangani dan mengobati diperlukan kesabaran dan kesinambungan agar pengobatan dilakukan secara terstruktur dan sistematis.

Saran kami adalah, kunjungi dokter spesialis penyakit dalam yang dipercaya oleh seluruh anggota keluarga Anda, dan percayakan seluruh proses pengobatan kepada dokter tersebut. Hal ini bertujuan agar tindakan pengobatan yang dilakukan terorganisir dengan baik sesuai dengan prioritas yang Ibu Anda alami. Berganti - ganti dokter, hanya akan membuang buang biaya Anda, karena akan membutuhkan pemeriksaan tambahan yang sifatnya tidak perlu. Tetaplah berdoa dan diskusikan kondisi ibu Anda dengan seluruh anggota keluarga, agar kebutuhan secara finansial, psikologis serta religi ibu Anda dan keluarga terpenuhi.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar