Sukses

Menangani Kutil

14 Jun 2014, 00:12 WIB
Pria, 40 tahun.
bagaimana cara mencegah timbulnya kutil dan apa ada obat yang dapat menghilangkannya tanpa operasi
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat berbagai jenis kelainan  kulit yang dapat menyebabkan kelainan kulit Anda, salah satunya adalah kutil. Namun keluhan kutil perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung oleh dokter, berhubung keluhan ini adalah keluhan kulit. Dalam dunia kedokteran yang dimaksud dengan kutil adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit dan sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. 

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya. Kutil Moluskum biasa pada ekstremitas memiliki ciri bentuk benjolan kulit dengan lekukan di tengah, yang jika dipencet keluar massa seperti butiran nasi putih. Kutil dapat menyebar melalui kontak langsung.

Namun, untuk kepastian diagnosis dan berhubung keluhan ini sudah berlarut-larut, apakah yang Anda alami kutil atau bukan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan langsung. Keluhan kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar