Sukses

Gigi Anak 3,5 Tahun Berlubang

17 Oct 2014, 19:31 WIB
Pria, 33 tahun.
dok anak saya usia 3.5 tahun gigi gerahamnya bolong-bolong. Sebaiknya bagaimana di tambal, di cabut atau biarkan sampai tanggal. terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi anak Anda, untuk memastikan perawatan yang terbaik bagi kondisi tersebut adalah dengan memeriksakannya secara langsung ke dokter gigi. Apabila kondisi gigi yang berlubang sesuai indikasi penambalan dan anak cukup kooperatif dalam menjalani perawatan, maka mungkin saja akan dilakukan perawatan penambalan untuk gigi-giginya yang berlubang.

Usaha pencegahan tentu saja lebih baik dari pada pengobatan, maka sebaiknya Anda merawat gigi anak Anda dengan lebih seksama. Hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat gigi berlubang seperti minum susu atau minuman manis dalam botol dot sampai tertidur, hindari konsumsi permen atau coklat serta makanan manis lainnya yang mengandung gula, sikat gigi 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

 

Pemeriksaan ke dokter gigi sebaiknya dilakukan sejak gigi pertama anak muncul. Kunjungan dilakukan berkala dalam 6 bulan sekali namum apabila giginya telah menguning dan rusak seperti yang anak Anda alami maka kunjungan dilakukan dalam 3 bulan sekali, hal ini dikarenakan  proses gigi berlubang pada anak dapat terjadi secara cepat dan invasif. Gigi pada balita adalah gigi susu yang semuanya akan mengalami pergantian dan dimulai pada umur 6 tahun. Namun walaupun gigi tersebut akan diganti tapi tetap harus dijaga kesehatannya.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Nge-Dot Pada Anak Sebabkan Gigi Rusak

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

 

0 Komentar

Belum ada komentar