Sukses

Menderita Diabetes & Kaki Bengkak

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 40 tahun.
dok, ibu saya seorang penderita diabetes mellitus. ini karena faktor genetika, dulu nenek saya juga meninggal karena diabetes. ibu saya sudah lama menjadi pasien tetap disebuah klinik dokter. oh iya, ibu saya juga punya penyakit darah tinggi dan asam urat. akhir akhir ini keadaanya semakin memburuk. kedua kakinya bengkak parah, dan rambutnya rontok hingga benar benar botak. katanya kepalanya panas makanya rambutnya rontok. ibu saya juga mengeluh perutnya kembung dan suka muntah. kira kira itu berdampak sangat buruk kah? saya mengira itu efek dari obat, tapi mengapa baru kejadiannya sekarang? sedangkan ibu saya sudah menjalani pengobatan ke dokter ini sudah lama. terimakasih dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Diabetes adalah kondisi menahun yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan/dikontrol dengan obat anti diabetes.

Jenis diabetes:

  • Diabetes melitus tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Mellitus): biasanya bersifat genetik, pada umumnya dimiliki sejak kecil dan memerlukan insulin dalam pengendalian kadar gula darah
  • Diabetes melitus  tipe 2 (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus): disebabkan kurangnya jumlah insulin yang dihasilkan tubuh dan berkurangnya sensitifitas jaringan terhadap hormon insulin (resistensis insulin). Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas.
  • Diabetes gestasional
  • Diabetes insipidus.

Gejala klasik diabetes adalah polidipsi (mudah haus), polifagia (mudah lapar), poliuria (sering BAK), bisa juga disertai penurunan berat badan.

Untuk mendiagnosis diabetes, diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kadar gula darah (sewaktu dan puasa). Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti hipertensi, katarak, kebutaan, gangguan jantung, gagal ginjal, dan lain lain.

Apa saja faktor risiko diabetes melitus?
Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi:

  • Riwayat keluarga dengan diabetes
  • Umur: risiko diabetes melitus meningkat seiring meningkatnya usia. 
  • Riwayat melahirkan bayi dengan berat lahir bayi >4000 gram atau pernah menderita DM saat hamil (DM gestasional)
  • Riwayat lahir dengan berat badan rendah (< 2,5 kg)

Faktor risiko yang dapat dimodifikasi:

  • Overweight/berat badan lebih (Indeks massa tubuh > 23kg/m2)
  • Aktivitas fisik kurang
  • Merokok
  • Hipertensi (TD > 140/90 mmHg)
  • Dislipidemia atau kadar kolesterol abnormal (HDL <35 mg/dL, trigliserida > 250 mg/dL)
  • Diet tidak sehat: makanan tinggi gula dan rendah serat akan meningkatkan risiko DM
  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Penyeban kedua kaki bengkak pada ibu Anda bisa dikarenakan berbagai macam penyebab, untuk mengetahui penyebab pasti yang terjadi pada ibu Anda, kami sarankan agar Anda membawa ibu Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan terapi yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda: 

Kenali Faktor Risiko Diabetes Melitus

Waspadai Gejala-gejala Diabetes Ini!

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Kenali Gejala Klasik Diabetes 

Susah Tidur Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar