Sukses

Nyeri di Telapak Kaki

17 Oct 2014, 11:02 WIB
Pria, 33 tahun.
Selamat pagi, sy mirzal, saya mau tanya. Saya beberapa bulan belakangan ini sy sering mengalami sakit di telapak kaki. Dan lebih sakit di tumit di pagi hari dan apa bila sy istirahat, sebelum nya sy pernah (3thn yang lalu) mengalami kolesterol tinggi (sampai tak terbaca) dan uric acid (8.0) tetapi ini sdh kembali normal di obati dengan rutinitas sy berolah raga setiap hari hingga sekarang, kira" kenapa ya dok masalah kaki saya ini, sy belum memeriksanya ke dokter specialist di sini. Terima kasih Mirzal

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri yang Anda gambarkan kemungkinan adalah pengapuran pada tulang telapak kaki (osteoartritis os calcaneus). Menurut Jurnal American Academy of Orthopaedic Surgeon, dengan berjalan tumit menanggung 110% beban tubuh, pada saat berlari dapat mencapai 200%. Atau kemungkinan kadar asam urat Anda kembali tinggi.

Di tumit terdapat lapisan lemak yang berfungsi sebagai shock absorber, setelah usia 40 tahun, ketebalan lapisan lemak tersebut mulai menurun yang akan menyebabkan terjadinya proses peradangan lokal pada tulang kalkaneus (pengapuran).

Yang dapat Anda lakukan saat ini untuk mengurangi nyeri tersebut adalah :

  • Kurangi berat badan Anda
  • Pemberian obat antinyeri (NSAIDs)
  • Penggunaan Heel Pad (sepatu yang bagian tumitnya lembut)
  • Fisioterapi dengan cara menekuk pergelangan kaki ke atas dan jempol ke atas menggunakan satu tangan
  • Penyuntikan steroid

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dapat diterapi lebih lanjut. Semoga membantu. (DNA)

Terima Kasih

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar