Sukses

Batuk Karena Alergi

12 Jun 2014, 09:57 WIB
Wanita, 20 tahun.
siang dok, mau konsultasi. saya sudah 3 bulan batuk mengi terutama di malam hari terutama apabila kedinginan. saya sudah ke dokter umum dan melakukan pemeriksaan rontgen. hasilnya tidak ada kelainan, dan dokter saya mendiagnosis bahwa saya menderita batuk alergi mengingat saya punya riwayat bronkhitis dan memiliki turunan keluarga Ashma. nah disini yang mau saya tanyakan, saya pernah baca bahwa batuk alergi itu gak bisa disembuhin, apa benar? lalu gimana cara saya menghindarinya? saya dikasih obat kortikosteroid dosis rendah sm dokter saya. itu memang membantu, tapi saya takut efek samping dr penggunaan obat tsbt. saya seorang mahasiswi kebidanan, sangat mengganggu sekali ketika saya sedang praktik ke pasien lalu tiba2 batuk-batuk dok. saya pingin sembuh, saya harus gimana? :( terima kasih dok.

Terima Kasih atas pertanyaan Anda. 

Apakah batuk Anda terus menerus atau hanya pada malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam? Apakah ada keluhan lain? Apakah Anda ada riwayat asma/alergi? Batuk berdahak atau kering? Apakah sudah melakukan pemeriksan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Coba perhatikan apa pemicu batuk Anda, apakah debu, udara dingin, atau yang lainnya? Jika Anda mengetahui pemicunya dan memiliki riwayat alergi sebaiknya hindari pemicu. Untuk batuk karena alergi pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari pemicu. Kortikosteroid dosis rendah tidak berbahaya asal sesuai dosisnya dan tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Anda mengatakan ada mengi, perlu dicari tahu apakah Anda benar menderita asma/tidak karena terapinya akan berbeda. Untuk terapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar