Sukses

LASIK dan Wasir

10 Jun 2014, 15:14 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear Klik dokter, sebelumnya terima kasih atas jawaban dari pertanyaan saya sebelumnya. Dok, saya menderita wasir sudah beberapa lama, mungkin jenis external dan tidak bisa masuk kedalam kl tidak didorong dengan tangan. Kebiasaan minum air putih saya cukup baik dok tapi soal makan serat mungkin masih agak kurang dan dari dulu frekuensi BAB saya bisa 1-3hari sekali dok. Selain itu mata saya juga minus 4 lebih dok. dalam waktu dekat saya berencana untuk menikah dengan calon suami saya dok, tapi saya kwatir jika nanti saya hamil, saya tidak bisa melahirkan normal dan wasir saya semakin parah. Menurut dokter, sebaiknya saya mengobati mata saya dengan metode laser/lasik dulu kah dan apakah itu aman dok? Ataukah saya mengobati wasir saya dulu dok? Dan untuk mengobati wasir apakah harus dioperasi dok? Tidak bisakah diobati dengan cara herbal dok? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1. Wasir dan Kehamilan

Kehamilan memang dapat menimbulkan wasir atau memperparah wasir. Pada saat hamil, mudah terjadi varises vena yang tidak hanya terjadi pada kaki, tapi dapat juga terjadi pada vulva/anus. Uterus/rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan pada vena pelvis dan vena kafa inferior (vena besar pada sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tubuh bagian bawah). Hal ini akan memperlambat kembalinya darah ke jantung yang akan memperbesar tekanan pada vena di bawah uterus dan menyebabkan vena tersebut melebar/bengkak. Selain itu, pada saat hamil, sering terjadi konstipasi yang dapat memicu wasir karena mengedan.

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk hamil. Lakukan terapi untuk wasir Anda sedini mungkin, apalagi jika sudah masuk derajat 3 atau 4 yang mungkin membutuhkan tindakan bedah/operasi. Lakukan tips-tips berikut untuk mencegah wasir Anda semakin parah saat hamil:

  • Banyak makan serat untuk mencegah konstipasi
  • Jangan menahan buang air besar, hindari mengedan
  • Hindari duduk/berdiri terlalu lama
  • Saat tidur, posisi tubuh sebaiknya miring ke kiri untuk mencegah penekanan pada vena kafa inferior
  • Tempelkan es batu yang dilapisi kain untuk mengurangi pembengkaka dan nyeri
  • Berendam air hangat dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman

2. LASIK

Cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). LASIK aman untuk digunakan asalkan memenuhi persyaratan dan dilakukan oleh dokter spesialis mata yang kompeten. Namun, setiap tindakan apapun pasti memiliki risiko. Untuk informasi lebih lanjut mengenai LASIK, Anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir:

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Serba-Serbi LASIK

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar