Sukses

Mengatasi Hipertensi

09 Jun 2014, 15:41 WIB
Pria, 50 tahun.
assalamualaikum dok, saya mau konsul masalah kesehatan bapak saya. beliau kemarin masuk rumah sakit diopname karena pingsan. kata ibu saya, tekanan darah bapak naik jadi 140/100, padahal biasanya sekitar 90/ gitu.ibu saya udah nanya ke pihak rumah sakit, tidak ada jawaban spesifik dok, hanya disuruh rawat jalan. dok.sekarang bahkan untuk sholat aja gak bisa dok,bapak saya sekarang gak bisa nunduk dikit atau kecapean. gejala apa ya dok kalau seperti itu? amankah kalau bapak saya mengonsumsi obat antihipertensi secara rutin? terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang terjadi akibat peningkatan tekanan darah. Berdasarkan The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure (JNC 7), tekanan darah 140/100 mmHg masuk ke dalah Hipertensi 1.

Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, hipertensi perlu dideteksi dini yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah secara berkala, yang dapat dilakukan pada waktu check-up kesehatan atau saat periksa ke dokter.Tekanan darah tinggi (hipertensi) menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal,dan sebagainya.

Target kerusakan organ akibat Hipertensi antara lain:

  • Otak : menyebabkan stroke
  • Mata : menyebabkan retinopati hipertensi dan dapat menimbulkan kebutaan
  • Jantung : menyebabkan penyakit jantung koroner (termasuk infark jantung), gagal jantung
  • Ginjal : menyebabkan penyakit ginjal kronik, gagal ginjal terminal

Langkah awal terpenting adalah agar menurunkan tekanan darah tidak selalu berpatokan dengan obat hipertensi, teta[pi langkah awalnya dengan mengikuti gaya hidup sehat seperti aktif berolahraga dengan teratur 3-4x/minggu, @30-60 menit, mengatur diet atau pola makan seperti rendah garam, rendah kolesterol dan lemak jenuh, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok dan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Kami sarankan ayah Anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan dirasakan semakin menganggu agar dapat diberikan terapi yang optimal.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Mengatasi Hipertensi Dengan Diet Sehat

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar