Sukses

Anak Kurus, Masalah?

20 Oct 2014, 09:07 WIB
Wanita, 8 tahun.
Anak saya tergolong kurus bila dibanding teman-teman sebayanya. 1 tahun yang lalu pernah di uji tbc sampai dengan tes suntikan di bawah kulit tapi hasilnya negatif. Akhir-akhir ini anak saya kadang mengeluh sakit perut. Umumnya BAB hanya 2 kali dalam waktu 3 hari atau 4 hari. Meskipun biasanya berwarna kuning, beberapa kali saya pernah melihat kotorannya berwarna kuning pucat bahkan bisa dibilang mendekati putih. Apakah anak saya baik-baik saja? Atau kira-kira menunjukkan gejala penyakit apakah hal tsb? Terima kasih atas jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk buah hati Anda dan seluruh keluarga! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sayang sekali Anda tidak memberi tahu kami jenis kelamin anak Anda. Apakah Anda rutin menimbang berat badan anak setiap bulan? Apakah berat badannya cenderung naik atau turun atau menetap?

Jika Anda ingin mencari tahu kisaran berat badan dan tinggi badan yang sesuai dengan usia, Anda dapat menggunakan fitur pertumbuhan anak yang terdapat pada bagian bawah dari halaman Rubrik Tumbuh Kembang Anak.

 

Mengenai tubuh yang kurus perlu diketahui terlebih dahulu berat badan dan tinggi badannya, selama berat badan dan tinggi badan masih berada dalam kisaran normal, jangan khawatir karena penampakan tubuh kurus mungkin terlihat karena anak lebih tinggi daripada anak sebaya yang dikarenakan turunan orang tua.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output. Bagaimana dengan nafsu makan, asupan makanan dan aktivitas anak Anda?

Apabila anak Anda tergolong aktif, maka makan atau susunya pun harus banyak. Pemberian snack diselang makan besar dapat sering Anda berikan (2-3 jam sekali). Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (chiki, permen).

Pastikan anak Anda tidur siang dan tidur cukup di malam hari (8-10 jam) guna membangun metabolismenya. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makannya, apabila pola makan anak Anda baik, dalam artian anak banyak makan dan minum susu dan terlihat aktif, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari anak Anda, meskipun berat badannya tidak naik signifikan.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). Perhatikan juga tanda cacingan seperti lemah, lesu, atau keluar cacing dari dubur. Apabila terdapat tanda seperti yang kami katakan, berkonsultasilah ke dokter, mungkin anak Anda memerlukan obat cacing. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar