Sukses

Apakah Saya Masih Perawan?

09 Jun 2014, 10:43 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok saya pernah melakukan hubungan suami isrtri dengan pacar saya sekali.menurut saya saya tidak perawan lg karna ketika dy melakukannya hampir semua penis nya masuk kedalam vagina saya.namun pacar saya bilang saya tetap masih perawan.menurut dokter apakah saya masih tetap perawan dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: 1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan 2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali. 

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

 

Kami sarankan agar Anda dan kekasih Anda melakukan kegiatan yang  positif dan menghindari tempat yang kurang ramai sehingga dapat mengalihkan pikiran dari kehendak ingin melakukan perangsangan seksual yang dapat mengarah kepada hubungan intim. Hubungan seksual di luar nikah bukan hanya dapat menyebabkan kehamilan dan infeksi menular seksual. Hubungan seksual di luar nikah juga bukan hanya tidak baik secara medis, namun juga tidak baik secara agama. Saya tidak menyarankan hubungan seksual di luar ikatan pernikahan yang sah. Anda dan pacar dapat menghindari perbuatan yang akan Anda dan kekasih Anda sesali dengan melakukan kegiatan bersama yang lebih positif seperti memasak bersama, berolah raga bersama atau melakukan hobi bersama. Saling menghargai satu sama lain akan membantu Anda untuk bisa menghormati pasangan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Selaput Dara dan Tes Keperawanan

Beda Negara, Beda Konsep Keperawanan

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

Hubungan Seksual dan Masturbasi pada usia 20 dan 30-an, Berhubungan dengan Peningkatan Risiko Kanker Prostat

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar