Sukses

Luka Jahitan Basah

19 Oct 2014, 16:27 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya mau tanya dok, 2bln yg lalu saya melahirkan dgn cara normal dgn jaitan agak banyk, namun jaitan itu tdk kering2 bidan selalu bilang msh agak basah, sampe 1bln pasca melahirkan jaitan itu msh terasa ngilu, dn skrg jika saya buang air terasa sakit, saya cek jaitan nya seperti lepas, dn (maaf) lubang nya pun mnjd agak besar pdhl saya blm campur dgn suami..apa yg harus saya lakukan dok?bgaimna agar ms.v saya kembali normal?terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sayang sekali kami tidak dapat melihat secara langsung kondisi yang Anda alami sehingga kami tidak dapat memastikan penyebab dari kondisi Anda tersebut. Pada tubuh daerah manakah terdapat luka tersebut? Apakah rembesan tersebut berupa nanah dan berbau? Seberapa besar dan dalam luka Anda? Apakah sewaktu kecelakaan tersebut terjadi ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh Anda seperti: beling, kayu, dsb?

Jika rembesan pada luka Anda berupa nanah, kemungkinan terjadi infeksi pada area luka tersebut, bisa disebabkan oleh cara dan teknik penjahitan, cara perawatan luka yang tidak tepat maupun masih adanya benda asing di dalam tubuh Anda. Untuk merawat luka, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang dicelup atau diberikan cairan NaCl. Anda dapat membelinya di apotik: NaCl 0.9%. Jangan membersihkannya dengan alkohol karena alkohol bersifat iritatif dan bisa menyebabkan nyeri pada luka. Setelah dibersihkan dengan cairan NaCl, Anda dapat menepuk-nepuk atau "mengeringkannya" dengan kasa kering lalu kemudian dapat diberikan salep/krim/bubuk antibiotik.

Jika luka basah, usahakan untuk mengganti perban dan membersihkannya setiap hari. Jangan lupa juga untuk kontrol ke dokter yang menjahit Anda dan menanyakan mengenai kondisi yang Anda alami tersebut dan kapankah luka tersebut harus dibuka benang jahitannya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar