Sukses

Jantung, atau Lambung?

06 Jun 2014, 19:10 WIB
Wanita, 55 tahun.
malam dok, disini saya mau bertnya untuk penyakit yang dikeluhkan ibu saya. untuk saat ini, beliau sedang merasakan lambung , krna kemarin sdah ke klinik. tetapi dokter klinik pun mengatakan ada jantungnya. maksudnya? beliau ada lemah jantung dok? beliau juga suka merasakan pusing/migrain. dan suka minum obat warung seperti bodrex migran, paramex migran. seperti itu dok. ada riwayat paru" bbrapa tahun yang lalu. saat ini sedang rutin, racikan madu+kunyit putih. bisa dibantu dok solusinya? terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, kami paham bahwa seiring bertambahnya usia maka problematika kesehatan akan semakin kompleks. Nyeri ulu hati dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah masalah pada jantung, gastritis (peradangan lambung), GERD, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya ibu Anda mengalami masalah saluran cerna, dan gangguan jantung. Namun kami tidak dapat mendiagnosis hanya dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Untuk sementara, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung (pedas, asam, berlemak, alkohol, rokok, soda),  hindari stres, makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar. Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. Namun penanganan jantung tentunya memerlukan terapi yang lebih kompleks.

Kami sangat menyarankan Anda untuk terus berkonsultasi dengan dokter, karena untuk menyembuhkan kondisi seperti ini tidaklah mudah dan diperlukan beberapa langkah yang sistematis dan berkesinambungan. Oleh karena itu, ikuti anjuran dokter dan lakukan kunjungan rutin (kontrol) agar kondisi ibu Anda ditangani dengan baik dan maksimal.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar