Sukses

Kanker Ovarium Stadium 4

19 Oct 2014, 03:36 WIB
Wanita, 51 tahun.
Dokter, saya mempunyai mama yg sakit kanker ovarium stadium 4 dan dokter sdh mevonis usia mama sisa 3 bulan lagi.. Perut mama sy seperti org hamil 9 bln bahkan lebih dok.. Dan badan mama skrg kurus kecil, dokter yg mau sy tanyakan apakah ada harapan mama sy buat hidup lebih lama lagi dan sembuh dokter? Dengan cara apa kami harus mengobati mama sy ya dokter? Terima kasih dokter buat waktunya.. Tuhan memberkati ..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami turut prihatin atas kondisi yang dialami oleh Ibu Anda. Dalam dunia kesehatan, setiap aparat kesehatan, dokter, perawat, bertarung untuk menyelamatkan nyawa pasien. Namun dokter pun tetaplah manusia, bukan manusia yang menentukan namun Tuhanlah yang menentukan hidup dan mati seseorang, ataupun sembuh dan sakitnya seseorang. Dokter hanyalah dokter. Dalam menghadapi pasien yang harapan hidupnya kecil, dunia kedokteran memiliki istilah perawatan paliatif. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Ketika Berkunjung Dokter)

 

Perawatan paliatif ini berlawanan dengan perawatan kuratif yang bertujuan untuk menyembuhkan (kuratif; dari kata cure), melainkan bagaimana kita mengusahakan kualitas hidup terbaik bagi pasien di akhir hidupnya. Lalu apa perbedaannya?

Pada perawatan kuratif dokter akan fokus dalam mengobati sebab atau sumber penyakit pasien, yang artinya efek samping terkadang dibiarkan terjadi walaupun membuat pasien sedikit menderita, karena diharapkan dengan sedikit ‘pengorbanan’ ini, bisa terjadi kesembuhan.

Namun tidaklah demikian pada perawatan paliatif. Perawatan ini mengutamakan kenyamanan pasien, terutama nyaman dalam absennya rasa sakit yang terus menerus dirasakan. Pada pasien kanker stadium akhir misalnya, dokter yang memutuskan untuk merawat secara paliatif akan memberikan obat penahan sakit dan mungkin oksigen, tetapi sama sekali bukan kemoterapi, karena seperti kita ketahui kemoterapi memberikan efek samping yang begitu menyiksa pasien, mual dan muntah misalnya. (Baca: Anggapan yang Salah Mengenai Kanker)

Sedikit masyarakat kita yang memahami pentingnya perawatan paliatif ini, karena itu mulai hari ini kita mendapat paradigma baru, peran dokter bukan hanya melulu menyembuhkan, tetapi juga membuat pasien nyaman dalam keadaan apapun, termasuk dalam waktu-waktu terakhir kehidupan seorang pasien. Dengan perawatan paliatif, diharapkan pasien dan segenap keluarga siap dengan apapun yang akan terjadi di kemudian hari, sehingga ada rasa damai sejahtera dalam hati pasien.

Manfaatkan sisa waktu yang dimiliki ibu Anda, pergunakan waktu-waktu yang ada agar ibu Anda merasakan kebaikkan keluarga dan harmonisasi didalamnya. Sekali lagi kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar