Sukses

Asam Urat

06 Jun 2014, 17:07 WIB
Pria, 23 tahun.
Dear klikdokter.com Perkenalkan, nama saya Fahri. Saya berumur 23 tahun dan telah menderita penyakit asam urat sejak umur 18 tahun. Berat badan saya 95 kg dan tinggi badan 175 cm. Ada beberapa hal yang ingin saya pertanyakan, mohon dokter dapat menanggapinya di sela-sela kesibukan. 1. Saya tidak pernah memakan makanan yang memicu peningkatan kadar asam urat dan selalu meminum air putih setiap harinya rata 7 liter perharinya, akan tetapi kadar asam urat saya selalu di sekitar angka 8. Apakah kadar asam urat saya tidak bisa normal tanpa mengonsumsi obat? 2. Apakah berbahaya bagi tubuh saya apabila kadar asam urat selalu berada di atas normal? (Terutama untuk persendian dan ginjal saya) 3. Apabila kaki say terasa sakit, saya akan langsung meminum obat Benoxuric (Allopurinol) dan Celebrex untuk meredakannya. Yang ingin saya tanyakan, apakah kedua obat tersebut membahayakan saya dalam jangka panjang? 4. Menurut dokter, apa yang sebaiknya saya lakukan untuk menjaga kesehatan jangka panjang saya? Saya sangat berterimakasih kepada dokter apabila berkenan menanggapi pertanyaan saya. Semoga kta selalu diberikan kesehatan olehNya :-) Best regards, Fahri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat regenerasi sel. Bila terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah tanpa menimbulkan gejala apapun maka disebut dengan hiperurisemia asimtomatik.

Sedangkan, bila terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat dikendalikan dan menyebabkan gejala maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti artritis gout (radang pada persendian) atau batu ginjal. Beberapa orang dengan gout membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuh nya (10%), sehingga sisa asam urat (90%) dalam tubuh Anda, tidak efektif dibuang melalui air seni. Genetik, jenis kelamin, dan nutrisi (peminum alkohol, obesitas) memegang peranan penting dalam pembentukan penyakit gout. Kadar asam urat yang tinggi dapat mempengaruhi ginjal yaitu memicu pembentukan dari batu ginjal dimana batu ginjal ini dapat mempengaruhi fungsi dari ginjal.

Jika Anda sudah mendapatkan obat asam urat, sebaiknya lanjutkan pengobatan secara teratur, jika hanya diminum sekali-sekali dan tidak teratur tentu hasilnya pun tidak akan maksimal. Celebrex merupakan obat anti nyeri dan anti radang, digunakan pada kasus gout akut (saat sendi nyeri, bengkak, merah). Sebaiknya saat gout akut hanya konsumsi obat anti nyeri, jika keluhan nyeri sudah membaik atau menghilang, lanjutkan konsumsi obat allopurinol. Konsumsi allopurinol saat gout akut dapat memperparah nyeri.

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah pengetahuan Anda mengenai asam urat:

Berdamai Dengan Asam Urat

Diet Hipertensi, Kolesterol, & Asam Urat

Vitamin C Turunkan Kadar Asam Urat

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar