Sukses

Kesulitan Menelan

03 Jun 2014, 16:35 WIB
Wanita, 72 tahun.
Dokter,ibu saya sudah 6 bulan ini mengalami gangguan di tengorokannya setiap makanan yang di makan selalu di muntahkan kembali dan sering mengeluarkan lendir dari mulutnya saat ini ibu saya hanya bisa minum susu dan makanan yang di belender. kami sudah melakukan endoskopi dari mulut dan kelihatan di tengorokannya terdapat benjolan-benjolan dokter yang menanganinya mengatakan benjolan tersebut akibat dari minum jamu-jamu yg pernah di konsumsi(obat2an dari sinse) dan dokter tersebut telah memberikan obat dan anti biotik tetapi belum ada kemajuan.ibu saya masih melakukan kegiatan seperti biasa tetapi badannya terasa lemas karena hanya minum susu dan makanan yg di belender, Dokter penyakit apa yang di alami ibu saya ini bagai mana penanganan selanjutnya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya sulit kami untuk mendiagnosa tanpa melakukan pemeriksaan tubuh, benjolan yang dimaksud apakah polip atau divertikulitis? Benjolan tersebut apakah ada di sepanjang kerongkongan? Apakah terdapat ulkus atau gambaran lainnya?

Kesulitan  dalam menelan (disfagia) merupakan kelainan yang disebabkan oleh karena gangguan pada atau tenggorokan kerongkongan, walau kadang dapat juga muncul bila terjadi gangguan pada otak dan sistem saraf. Penyebab dari gangguan ini ada berbagai macam entah sindroma GERD, divertikulitis pada dinding kerongkongan (terbentuk kantung-kantung), spasme otot esofagus, hingga kanker esofagus. 

Karena gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, kami tidak bisa menganjurkan pengobatan tanpa pemeriksaan. Kami sarankan coba Anda kembali ke dokter yang memberikan terapi untuk Ibu Anda. Namun beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah tetap memberikan makanan yang halus dan berikan banyak air putih. 

Kami juga menyertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar