Sukses

Pusing dan Sesak Nafas

20 Oct 2014, 10:32 WIB
Wanita, 24 tahun.
Saya sering merasa pusing, limbung saat berdiri dan berjalan, seperti berdiri diatas perahu.. Saya jadi sering terjatuh atau menabrak benda - benda didepan saya.. Itu juga dibarengi dengan keringat dingin dan sesak nafas.. Sesak nafas lebih sering terasa kalau saya berjalan.. Tapi hal - hal itu tidak setiap hari saya alami.. itu hanya terjadi saat aktifitas saya sangat padat.. terima kasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan pusing berputar, melihat lingkungan seperti berputar, mual, muntah, sakit kepala, demam, telinga berdenging? Apakah sesak napas disertai keluhan nyeri dada? Kapan biasanya keluhan dirasakan, apakah saat bangun dari duduk/tidur? Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan darah, seperti kadar hemoglobin, apakah Anda memiliki riwayat anemia?

Keluhan pusing dapat disebabkan oleh vertigo, hipotensi (tekanan darah rendah), anemia, dan sebagainya. Vertigo biasanya disertai keluhan pusing berputar hingga gangguan keseimbangan. Hipotensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius, hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan, gangguan hormonal. 

Sedangkan diagnosis anemia ditegakkan melalui pemeriksaan darah untuk menilai kadar hemoglobin, cadangan besi, dan sebagainya.

Diperlukan informasi yang lebih lengkap dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menentukan penyebab keluhan Anda. Maka dari itu, kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar