Sukses

Tidak Ingin Hamil

03 Jun 2014, 10:37 WIB
Wanita, 22 tahun.
saat berhubungan badan agar tidak hamil dan tidak memakai alat kontrasepsi. bagaimnaa caranya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan metode keluarga berencana, salah satunya adalah dengan kontrasepsi. Ibu dapat memilih metode kontrasepsi yang paling nyaman untuk Ibu dan suami. Untuk informasi lengkap mengenai kontrasepsi, Ibu dapat membuka artikel ini: Kontrasepsi.

Kontrasepsi ada berbagai macam ada yang menggunakan obat/alat atau yang tidak. Contoh yang tidak menggunakan obat/alat adalah metode perhitungan tanggal (tidak berhubungan haid pada saat masa subur) namun tingkat kegagalannya sangat tinggi, dan sebagian besar justru terjadi kehamilan. Ada juga metode senggama terputus (pria mengeluarkan sperma di luar tubuh wanita) namun untuk metode ini pun tingkat kegagalannya cukup tinggi. Namun, Ibu dan suami juga dapat memilih kondom jika tidak ingin menggunakan kontrasepsi hormonal.

Metode kalender berkala dan kondom dapat digabungkan, namun kegagalannya sangat besar. Jika ingin memakai kondom maka sebaiknya digunakan dengan benar dan sebaiknya selalu dipakai. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)
 

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar