Sukses

Penanganan Wasir

03 Jun 2014, 13:30 WIB
Pria, 34 tahun.
Salam. Saya mau bertanya. Saya adalah penderita ambeien yang mungkin sudah lumayan parah. Kalau pas kambuh, hampir bisa dipastikan BAB saya di sertai darah yang mengucur. Untuk di ketahui, BAB saya tidak normal seperti orang pada umumnya. Saya kadang bisa sampai empat hari sekali baru bisa BAB, dan fesesnya bisa keras (menggumpal) Yang saya tanyakan: 1. Kalau pas kambuh seperti itu, apa yang harus saya segera lakukan? 2. Kenapa BAB saya bisa seperti itu? 3. Apakah ada alternatif lain selain bedah atau operasi? Denikian. Terima kasih sebelumnya. Salam.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali


Kami akan mencob amenjawab pertanyaan Anda

1. Kalau pas kambuh seperti itu, apa yang harus saya segera lakukan?

  1. Jangan menahan BAB

Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

  1. Duduk dalam air hangat

Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehati selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

  1. Minum obat herbal

Salah satu pengobatan dan perawatan wasir adalah mengonsumsi obat-obatan herbal. Selain alami, obat hebal dapat dikonsumsi jangka panjang. Salah satunya yang disarankan adalah kapsul Hemorid yang terbuat dari Temulawak, Daun Wungu, Daun Andong, dan Kayu Rapat. Kapsul Hemorid dapat meredakan rasa nyeri dan pendarahan, mengempiskan benjolan, mengurangi pembengkakan, dan memperlancar BAB.

  1. Ke Dokter

 

Jangan ragu dan malu untuk pergi berobat ke dokter. Semakin awal untuk menangani wasir, semakin baik.

2. Kenapa BAB saya bisa seperti itu?

Bisa jadi karena Anda kurang mengkonsumsi makanan yang menagndung serat tinggi. Serat dapat membantu memperlancar BAB sehingga resiko terjadi wasir pun terhindari.

3. Apakah ada alternatif lain selain bedah atau operasi?

Penanganan wasir tergantung pada stadium nya. Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Mengenal Serat Lebih Dekat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar