Sukses

KB IUD & Tidak Haid

18 Oct 2014, 16:45 WIB
Wanita, 21 tahun.
salam knal dok... 2 blan lalu sya mlahirkn langsung pke kB IUD tp knpa sampai saat ini saya blm haid,, cma kluar plek doang mhon pnjlasan.a dok makasih

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Efek samping  dari metode kontrasepsi IUD (spiral) copper T adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jika efek samping tersebut tidak muncul maka Anda tidak perlu khawatir artinya Anda cocok menggunakan KB IUD. Menstruasi yang banyak keluar bukanlah manfaat dari KB IUD namun merupakan efek samping yang memang tidak diinginkan untuk terjadi.

Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda saat ini? Apakah Anda sedang menyusui? 

Yang perlu Anda perhatikan adalah dalam pemakaian KB IUD, memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pascapemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti jenis KB. Dalam hal ini Anda belum mengalami haid, kami sarankan Anda segera konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan terapi yang optimal.

Kami sertakan artikel mengenai berbagai metode kontrasepsi yang dapat Anda pilih sebagai alternatif metode KB Anda: Keluarga Berencana.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar