Sukses

Usia 1 Tahun Sudah Tidak Mau Minum ASI

20 Oct 2014, 06:53 WIB
Pria, 28 tahun.
dok,,anak sya usia 1thn,,setelah sakit panas dalam dan sariawan dia tdk mau mnum asi lg,tetapi makan nasi semakin lahap,dia jga suka sekali minum air putih,,apakah ada efek smpingnya apabila dia berhenti asi d usianya yg bru 1thn,kalau msih hrus asi bagaimana caranya agar dia mau minum asi lg,,soalnya stiap kali puttingnya d dekatkan malah digigit,,trimakasih sblumnya,,

Terima kasih atas pertanyaan Anda

ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi juga berkurang. 

Jika memang anak Anda sudah tidak ingin minum ASI dan makan pendamping ASI juga lahap tidak apa-apa. Tidak ada efek samping yang terjadi. Yang paling terpenting kebutuhan ASI anak Anda pada usia 6 bulan pertama sudah terpenuhi dan sampai saat ini kebutuhan gizi anak Anda terpenuhi dalam makanan sehari hari nya.

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • Ken******

    Maaf, Dok.. Jawabannya kok g nyambung sm pertanyaannya ya? Padahal saya jg butuh jawaban yg nyambung krn pertanyaan saya jg hampir sama.. Trima kasih