Sukses

Perbedaan Sleep Apnea & Sindrome Kutukan Ondine

03 Jun 2014, 11:56 WIB
Wanita, 16 tahun.
Selamat siang dok, saya ingin bertanya perbedaan Sleep Apnea dengan sindrom Kutukan Ondine itu apa ya dok? Terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kkehawatiran yang Anda rasakan. Saat tidur, jaringan pada hidung dan tenggorokan juga berelaksasi dan jatuh ke belakang, menyebabkan blok jalan napas. Bila blok hanya sebagian/parsial, dapat menimbulkan dengkuran akibat getaran udara yang berusaha melalui jalan napas yang sempit. Saat terjadi blok jalan napas total, mengakibatkan suatu keadaan yang disebut 'silence' dan hilangnya pergerakan napas oleh dada dan perut. Keadaan ini disebut sebagai sleep apnea dan semakin lama apnea akan semakin berbahaya. Pada akhirnya, otak akan mengambil alih yang kemudian tampak sebagai usaha menarik napas dalam atau mendengkur untuk membersihkan jalan napas. Bila kemudian terbangun, maka otot mengencang - mengurangi blok - dan napas akan kembali normal. Namun bila usaha tidak terpenuhi, akan berakhir pada kematian akibat kekurangan oksigen.

Keadaan ini cukup banyak ditemukan pada anak berusia 3-6 tahun akibat obstruksi/blok dari pembesaran tonsil dan adenoid (obstructive sleep apnea) dengan faktor risiko kegemukan dan leher yang pendek. Tumor jalan napas juga dapat menjadi penyebabnya namun jarang. Selain mendengkur dan kesulitan bernapas saat tidur, terdapat gejala lain dari sleep apnea pada anak:
- tidur terganggu
- kelelahan kronik
- masalah konsentrasi
- mudah tersinggung
- dsb.

Sedangkan Ondine adalah seorang peri air dari mitologi Jerman. Sindrome “Kutukan Ondine” berdasarkan cerita mitos dan nama tradisional bagi sindroma henti nafas saat tidur atau sleep apnea. Dalam dunia kedokteran tidak ada istilah sindrom kutukan ondine. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar