Sukses

Gatal Saat Berkeringat

17 Oct 2014, 00:21 WIB
Pria, 40 tahun.
Selamat Siang Dok,... Saya mau tanya kenapa belakangan ini kulit di selangkangan paha sampai di bagian dubur sering gatal terutama saat berkeringat. apakah ini karena alergi? obat yang bagus apa? Itu saja pertanyaan saya kali ini. Untuk Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi  Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Dalam kasus Anda, mengalami reaksi kulit bintik merah dan gatal ketika berada di udara panas, kemungkinan hal tesebut adalah biang keringat. 

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat  mudah berkeringat. Meski lebih banyak berada dalam rumah, kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap membuatnya berkeringat. Mekanismenya, tubuh yang menyimpan panas membutuhkan penguapan yang berujung pada keluarnya keringat tadi. Untuk mengatasi biang keringat perlu diketahui jenis biang keringat, menghindari panas, melap keringat segera dan mengenakan baju yang nyaman jika Anda termasuk mudah mengalami biang keringat.

Untuk mengatasi alergi, memang tidak cukup hanya dengan obat-obatan, namun perlu diketahui faktor pencetus dan menghindarinya, termasuk alergen makanan dan inhalan. Apakah faktor pencetus yang menyebabkan Anda mengalami alergi? Bila telah menemukannya, maka  Anda harus menghindarinya. Dalam kasus Anda faktor pencetusnya adalah udara panas. Obat-obatan yang diberikan dokter hanya merupakan penunjang untuk mengurangi gejala. Gejala alergi tetap akan timbul selama faktor yang menyebabkannya tidak diatasi.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lengkap.

Kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar