Sukses

Menderita Frozen Shoulder
20 Oct 2014, 02:45 WIB
Pria, 54 tahun.
Saya menderita frozen shoulder dimana saya dapat berobat untuk ini? Dokter apa yang harus saya temui? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kapsulitis adesif pada bahu (adhesive capsulitis of shoulder) atau yang juga disebut Frozen Shoulder. Penyakit ini merupakan penyakit yang mengenai kapsul pembungkus persendian bahu sehingga persendian bahu mengalami radang dan kaku sehingga membatasi pergerakan dan menyebabkan rasa nyeri. Penyebabnya biasanya tidak diketahui, namun gejalanya berupa gerakan persendian bahu yang menjadi terbatas dan rasa nyeri yang semakin parah pada malam hari, cuaca dingin ataupun gerakan-gerakan tertentu yang membutuhkan persendian bahu bergerak luas dan rasa nyeri dapat menjalar ke daerah leher dan punggung. Penyakit ini juga dapat disebabkan karena trauma sebelumnya atau riwayat operasi di daerah pergelangan bahu, namun sebagian besar tidak diketahui/terjadi secara spontan tanpa faktor pemicu. Meskipun demikian, kejadian frozen shoulder ini sering ditemukan pada mereka yanh memiliki penyakit diabetes, stroke, penyakit paru, kelainan jaringan ikat, penyakit jantung dan riwayat operasi. Lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 40 tahun dan wanita.

Penyakit ini memang memiliki tantangan tersendiri karena proses penyembuhannya yang membutuhkan waktu agak lama.

Pengobatan yang diberikan oleh dokter termasuk terapi fisik, obat-obatan (anti nyeri/analgesik dan NSAID, injeksi steroid), pemijatan, hidrodilatasi (injeksi steroid dan cairan saline) atau operasi.

Penyakit ini dapat sembuh sendiri namun membutuhkan waktu sekitar 2 tahun, di mana 90% orang mendapatkan kembali kemampuan bergerak yang leluasa pada persendian bahunya.

Mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis ortopedi untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik lebih mendetil dan memastikan diagnosis sehingga mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar