Sukses

Toner Free Alcohol Untuk Kulit Berminyak

19 Oct 2014, 03:51 WIB
Wanita, 17 tahun.
maaf dok saya mau tanya.. saya pernah membaca artikel di internet yang menyatakan kalau toner tidak terlalu penting bagi kulit wajah, bahkan pada sebagian orang dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik, namun yang disebutkan itu toner yang mengandung alkohol. lalu pada toner yang free-alcohol apakah toner tersebut akan memberikan efek samping yang negatif seperti toner yang mengandung alkohol bila digunakan setiap hari? lalu pada wajah yang pernah terkontaminasi zat kimia berbahaya seperti mercuri apakah wajah bisa kembali sehat seperti semula dengan cara tertentu? mohon penjelasan dan sarannya dok, terimakasih banyak :) salam
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, pada dasarnya toner berfungsi untuk membersihkan muka dan bersifat menyegarkan kulit wajah. Untuk kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya menggunakan toner yang free alcohol, karena toner akan membuat kulit wajah menjadi kering. Kulit berjerawat dapat menggunakan toner yang mengandung asam salisilat, yang fungsinya dapat membebaskan sebum yang menyumbat folikel. Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak hampir tidak memerlukan pelembab, apalagi pada usia remaja. Sedangkan untuk mengangkat sel kulit mati Anda dapat melakukan scrub. Lakukan 1x/minggu dan jangan terlalu sering. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Penggunaan merkuri dalam kosmetik telah dilarang oleh pemerintah. Pasalnya merkuri adalah logam berat yang partikelnya dapat merangsang timbulnya efek samping seperti misalnya kanker kulit. Pengobatan terhadap paparan merkuri dalam jumlah besar bisa dilakukan dengan menggunakan terapi kelasi. Terapi kelasi merupakan suatu metoda yang digunakan dalam mengatasi keracunan logam berat seperti merkuri. Dalam metoda ini digunakan senyawa organik tertentu yang dapat mengikat merkuri dan mengeluarkannya dari dalam tubuh manusia. Namun penggunaan merkuri dalam skala kecil dan hanya dipermukaan kulit tidak memerlukan pengobatan.

Oleh karena itu kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan jika ditemukan masalah dapat diberikan terapi secara optimal. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

 

0 Komentar

Belum ada komentar