Sukses

Cairan Vagina Dapat Tularkan HIV?

19 Oct 2014, 01:08 WIB
Pria, 27 tahun.
Mohon informasinya dok.. Kalau cairan vagina orang yang terinsfeksi hiv mengenai tangan/jari/bagian tubuh kita yg lainnya kecuali alat kelamin .apakah bisa menularkan virus hiv ..terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menjelaskan mengenai HIV dan cara penularannya.  

HIV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun. HIV ditularkan melalu kontak langsung antara kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal dan air susu ibu.

Karena penularan hanya bisa secara kontak langsung antara membran mukosa dengan cairan tubuh penderita HIV, maka penularan HIV tidak dapat ditularkan melalui air yang misalnya sudah terkontaminasi urin penderita HIV. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar