Sukses

Flek Setelah Menstruasi & Deteksi Dini Kanker Serviks

20 Oct 2014, 08:55 WIB
Wanita, 29 tahun.
Siang dok. Saya merasa terbantu dg situs ini. Ada yg mau saya tanyakan dok. Bulan lalu saya menstruasi lbh cpt dr jadwal, biasa di awal bulan. Lalu stlh 6 hr spt biasa mens sdh slsai. Tp stlh saya mdi wajib berikut adaa spt darah tp sedikit skali, hanya spti flek tp bercampur dg keputihan gitu (saya mmg sll keputihan). Selama seminggu spt itu. Kemudian lbh kurang 6 hr berlanjut darah bertambah banyak, saya kmbali mengalami menstruasi slama 1 minggu. Stlh itu tdk ada apa2. Spt br slsai mens spt biasa. Kira2 ada apa dg saya ya dok? Mungkin ga itu gejaa la kanker serviks? klo uji kanker serviks buat yg blm menikah gmn caranya ya dok? Terima kasih atas jawaban dan masukannya dok.

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya keluhan Anda belum dapat kami pastikan penyebabnya. Namun keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting dan hal hal berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Salah satu faktor utama resiko terjadinya kanker serviks adalah melalui riwayat hubungan seksual. Deteksi dini kanker serviks adalah dengan pemeriksaan pap smear yaitu dengan pap smear cara konvensional / pap smear berbasis cairan (LBC) / HPV Genotyping. Jika belum ada riwayat hubungan seksual, Anda tidak perlu melakukan deteksi dengan cara pap smear, tetapi cukup melakukan proteksi dengan melakukan vaksinasi HPV sebanyak 3 kali. 

Kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Kanker Serviks, Kanker Mematikan Pada Wanita

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DNA)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar