Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Menghentikan KB Suntik

19 Oct 2014, 20:51 WIB
Wanita, 29 tahun.
Slamat pg dok,saya seorang ibu rumah tangga usia 29 tahun dg tb 155cm bb 91kg.saya overweight skali.saya udah menikah selama 7 tahun.dikaruniai anak perempuan umur 3th.begini dok,sewaktu saya smp haid saya emang trgolong tidak teratur.saya haid dari kelas 4sd.sampai saya bekerja pun haid saya ttp tdk terarur.kadang 3 bln haid kadang 3 bln jg tdk haid.itu kenapa ya dok?akhr2 ini 4 bulan belakangan saya tidak kb..sewaktu saya kb suntik 1bulanan haid saya teratur 1bln skali.tapi 4 bulan ini sengaja saya tidak kb karena jarangnya suami saya untuk berhubungan intim maka dari itu saya malas untuk kb.tiap berhubungan,suami selalu pakai kondom dan stelah berhubungan saya lgsg bersihkan ke kamar mandi...karena saya tdk bs haid saya coba tes urine sampai 3x dan akhrnya negatif trs..kira2 knp ya dok saya kok susah dapat haid????atas jawabanyya saya sampaikn trmksh

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tidak mengalami haid dalam dunia kedokteran dikenal sebagai amenorea. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Mengingat umur Anda baru pada dekade ke dua, kemungkinan ada gangguan atau abnormalitas kadar hormon reproduksi Anda atau gangguan obesitas karena menurut perhitungan indeks massa tubuh Anda termasuk kategori obesitas. Kemungkinan lain adalah faktor penghentian suntikan kb bisa menjadi penyebabnya. Jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Amenore sekunder memang dapat menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita, untuk itu, semakin cepat ditemukan penyebabnya maka dapat segera mendapatkan penanganan yang optimal. Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dievaluasi penyebab keadaan ini. 

Demikian informasi yang kami dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar