Sukses

Telinga Tersumbat Karena Flu?

20 Oct 2014, 10:05 WIB
Pria, 32 tahun.
Yth. Klik Dokter Khususnya Spesialis THT. saya mau bertanya terkait telinga saya. saya merasakan telinga saya seperti kurang peka terhadap suara, seperti ada menyumbat di telinga saya (hanya telinga kanan, telinga kiri normal). waktu itu hari selasa 21 Mei 2014 saat badan saya mulai terasa terserang flu, saya memaksakan diri untuk naik motor ke tempat teman di sekitar pegunungan (gunung kelud), setelah sampai dan mengobrol sekitar 1jam telinga saya mulai terasa seperti kurang peka mendengar suara, seperti ada yang menghalangi suara (kalo berjalan hentakan kaki tertengar "dung-dung" di telinga. hal itu terjadi terus sampai sekarang, sehari setelah terasa ada gangguan pendengaran saya langsung terkena flu dan sampai saat ini belum sembuh. Tadi malam (24 Mei) saya periksakan ke dokter umum (sayaceritakan uraian kejadian diatas) lalu ditensi (120/70) dan dilihat telinga saya dengan senter sambil bilang memang di pegunungan tekanan udara berbeda sehingga bisa membuat gangguan pendengan, dan disarankan untuk mengunyah permen. ssetelah itu sang dokter memberikan obat antibioti (amoxicilin 500) dosis 3x1 dan obat tetes telinga (Erlamycetin Chrolamphenikol) dosis 4 x 3 tetes. obat tetes sdh saya gunakan mulai tadi malam dan pagi tadi sebelum menulis konsultasi ini, namun yang saya rasakan belum ada perubahan pada telinga kanan saya. walaupun secara umum saya masih bisa mendengar dengan baik menggunakan telinga kiri (saya saya tutup telinga kiri, memang aga berbeda suara yang masuk, seperti terdengar agak pelan) yang ingin saya tanyakan: 1. sakit apakah telinga saya?? 2. apakah ada kaitannya dengan ketinggian maupun flu yang saya alami?? 3. apa sdh tepat saya berobat ke dokter tsb begitu juga dengan obatnya?? 4. apa saran pengobatan untuk menyembuhkannya? terima kasih atas saran dan nasehat dokter.... salam hormat, Eka Wisnu Wardhana
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Adakah keluhan lain yang Anda rasakan, seperti mendengar bunyi di dalam telinga, seperti ada air di dalam telinga atau rasa sakit? 

Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) atau perubahan tempat dengan tekanan berbeda seperti ke daerah dataran tinggi dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya peradangan pada daerah THT. Kombinasi dari flu dan kunjungan ke daerah yang berbeda tekanan dapat menjadi penyebab keluhan Anda.

Obat yang diberikan pada Anda nampakya sudha disesuaikan dengan kondisi Anda yaitu untuk mencegah terjadi infeksi pada telinga yang tersumbat. Apakah Anda sudah diberikan obat flu? Apakah saat ini masih flu? Anda dapat mengkonsumsi obat flu yang dijual bebas untuk membantu mengatasi flu Anda sehingga flu dapat mereda dan membantu proses penyembuhan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi KlikDokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar