Sukses

Nyeri Perut Bawah

26 May 2014, 14:26 WIB
Wanita, 19 tahun.
terkait dengan pertanyaan saya sebelumnya mengenai siklus haid teman saya. Rasa nyeri yang timbul tidak disertai diare ataupun muntah dan gejala lainnya. Hanya saja rasa nyeri tersebut muncul setelah +/- 2 minggu setelah selesai haid (7-10 hari sebelum haid). Apakah hal tersebut masih dianggap normal untuk perempuan seusianya ataukah hal tersebut diakibatkan oleh gangguan kesehatan? Dan apakah hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti: Apakah nyeri terletak di sisi kiri bawah atau kanan bawah atau keduanya? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah?  Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya?

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah (khususnya dibawah pusar) dapat disebabkan karena:

  1. Gangguan saluran pencernaan. Contohnya sumbatan pada saluran pencernaan, infeksi saluran pencernaan
  2. Gangguan sistem reproduksi. Contohnya dysmenorrhea (nyeri ketika menstruasi), hamil, kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim), kista ovarium, endometriosis
  3. Gangguan saluran kencing. Contohnya : kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah  

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan teman Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Dan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis temanAnda. Oleh sebab itu, jika keluhan tersebut semakin mengganggu, kami sarankan teman Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar