Sukses

Ludah Campur Darah

20 Oct 2014, 10:56 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok selama beberapa bulan ini saya sering meludah ada darahnya disertai rasa gak nyaman diperut seperti kembung dan gak enak badan kadang pengen pingsan lemes bgt. semakin hari semakin sering tiba2 ingin meludah dan ada darahnya awalnya saya pikir gusi saya luka tpi ternyata bukan. itu knpa ya dok apa ada yg luka ditenggorokan saya atau bagaimana? mhon penjelasannya. trima kasih dok :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah terdapat riwayat batuk sebelumnya? Darah tersebut dapat berasal dari saluran pencernaan maupun saluran pernapasan. Jika batuk disertai darah disebut sebagai hempoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. 

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

Pada orang dengan riwayat merokok, hemoptisis bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Sebagian besar penyebab umum hemoptisis pada perokok adalah bronkitis, kanker paru-paru, dan pneumonia. Kanker paru-paru harus dicuriga pada perokok dengan usia ≥ 40 tahun. Bronkitis juga dapat memiliki gejala batuk berdahak disertai darah terutama pada pagi hari. Bronkitis kronis adalah salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesiali penyakit dalam. Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar