Sukses

Gangguan Tiroid pada Anak

19 Oct 2014, 18:59 WIB
Pria, 36 tahun.
dear all dokter, langsung saja dok, saya m punyai anak umur 9 tahun kurang 15 hari, minggu kemarin saya melihat benjolan dilehernya,saya panik dan saya langsung bawa kerumah sakit terdekat pada hari senen, dan saya disuruh tes darah dan ronsen, dan hari selamanya di diagnosis menderita tiroid dan saya tidak tahu itu hipertiroid or hypo tiroid, dan saya tanya solusinya...dia berkata cuma satu kalimat "ini harus operasi pak/ibu" saya kaget bukan kepalang dikarenakan saya takut krn termasuk operasi besar dan bisa menimbulkan kematian atau terpotongnya pita suara, yang saya tanyakan 1.apakah memang harus operasi? 2. apakah penyakit tsb berbahaya? 3. apakah ini penyakit keturunan? 4. apakah bisa menyebabkan kematian atau pita suara terkena? 5. Apakah ini virus,bakteri atau apa bisa terjadi sprti ini? saya minta dibantu alternatif dan yg membuat saya percaya kalo operasi itu jalan satu2nya.. saya nervous dok terima kasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penanganan, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Sudah berapa lama benjolan ini tumbuh? Apakah ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda  memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Jika memang itu masalah tiroid, bagaimana dengan hasil laboratoriumnya? Hasil pemeriksaan hormon tiroidnya? 

Sayang sekali Anda tidak mencantumkan hasil laboratorium anak Anda dan gejala apa saja yang ia alami selama ini sehingga kami tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda secara lengkap. Untuk itu kami sarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dan menanyakan secara rinci mengenai diagnosis dan pengobatan yang harus dijalaninya. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar