Sukses

Resisten Antibiotik Akibat Mengonsumsi Sembarangan
19 Oct 2014, 05:06 WIB
Pria, 18 tahun.
Dua hari yang lalu saya merasa tenggorokan saya sakit. Kemudian, karena dorongan orang tua, saya memutuskan untuk meminum antibiotik ( zithromax / azithromycin ) yang biasanya saya minum dari resep - resep dokter sebelumnya. Namun penyakit saya bukannya semakin membaik, tetapi semakin parah ditambah dengan batuk dan pilek. Setelah mencari informasi di internet, ternyata memakai antibiotik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan tidak baik karena dapat menimbulkan efek samping dan resistensi bakteri. Saya sudah mengkonsumsi antibiotik selama 2 hari ( sehari sekali ). Apakah saya harus melanjutkan antibiotik saya sampai hari ketiga (seperti biasa) atau apakah saya harus berhenti minum antibiotik ini? Terima kasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Penggunaan antibiotik yang tidak tepat misalnya tidak dihabiskan dapat menimbulkan resistensi. Resistensi berarti, antibiotik tersebut tidak lagi efektif dalam membunuh bakteri. Antibiotik digunakan hanya bila terbukti adanya infeksi bakteri. Jikalau infkesi saluran pernafasan seperti batuk dan pilek sering kali disebabkan oleh infeksi virus, sehingga sebaiknya adalah bila Anda sakit batuk, radang tenggorokan terbukti disebabkan oleh infeksi bakteri barulah mendapatkan terapi antibiotik. Karena itulah jangan menggunakan antibiotik sembarangan tanpa arahan dari dokter, apalagi menggunakan resep orang lain dan mengonsumsi obat obatan sendiri tanpa pemeriksaan lebih dahulu, karena dapat merugikan diri Anda sendiri.

Kami sertakan artikel : Kebal Antibiotik Mengintai agar Anda dapat mengerti mengenai resistensi antibotik. Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar