Sukses

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

18 Oct 2014, 06:43 WIB
Wanita, 29 tahun.
Hi Doc, Sudah 2 bulan ini daya tahan tubuh saya menurun. Sempet batuk dan flu 2 minggu, sampe nular ke bayi saya ( 5 bulan ).Baru sembuh seminggu, mulai sakit kepala dan sakit nelan lagi. Kali ini saya langsung konsumsi obat dari dokter supaya ga lebih parah. 3 hari kemudian ada perbaikan, tapi kemudian gatel tenggorokan lagi sampai skrg, dan sudah seminggu. Saya konsumsi obat booster asi, krn asi saya agak kurang, apa itu ada efek sampingnya ya? Atau memang tubuh saya saja yang kurang vit?Tapi sudah semggu ini saya udah nambahin lbh bnyk mnm air putih, buah, sayur, plus asupan CDR dan sari kurma. Tapi g kunjung membaik, gatel tenggorokan nya lebih kerasa ketika tidur. Sengaja saya buat badan saya sembuh dgn sendirinya seminggu ini, supaya menyusui bisa tenang. Malah anak saya blkngan jd ikut2an batuk lagi. Minta resep doc hrs mnm apa ya yang aman buat busui. Ditunggu saran tips dan obatnya..Trimakasi sebelumnya..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai kondisi yang Anda alami, pada dasarnya daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang  untuk terjangkit sebuah penyakit. Daya tahan tubuh kita akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh kita. Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit.  Oleh karena itu sangat penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain:

1. Tidur

2. Kurangi pikiran mencekam atau stres


Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda.

3. Suplemen & nutrisi

  • Vitamin D
    Beberapa suplemen juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. 
    Vitamin D terbukti dapat meningkatkan imun tubuh seseorang, oleh karenanya mengkonsumsi vitamin D baik yang berupa suplemen atau dari sumbernya langsung seperti ikan salmon dan ikan tuna sangat baik untuk tubuh.
  • Vitamin C
    Selain vitamin D, 
    vitamin C juga terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu biji juga dapat dilakukan.

  • Zinc
    Selain kedua vitamin tersebut, suplemen zink juga dapat membantu mwenigkatkan daya tahan tubuh. Mineral zink sangat baik untuk menjaga kondisi saluran pencernaan kita, serta sebagian besar 
    sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Sangat mudah bukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita? Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana. Kepedulian Anda akan pola hidup anda akan sangat berpengaruh untuk kesehatan Anda sendiri. Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter



0 Komentar

Belum ada komentar