Sukses

Berhenti KB Suntik: Bisa Hamil?

20 Oct 2014, 04:54 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok saya mau bertanya,sudah 2bulan saya berhenti suntik kb..dan setiap berhubungan dengan suami,kita tidak menggunakan pengaman..apakah bisa hamil dok,sedangkan saya sudah 2thn tidak haid karna kb 3bln dan sudah 2bln ini saya berhenti kb pun,saya juga belum haid.. mohon penjelasannya Dok..terimakasih atas jawabannya..
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami keluhan yang Anda rasakan. Dari informasi yang Anda paparkan sepertinya hal tersebut merupakan efek samping penggunaan KB suntik. KB suntik yang manakah yang Anda gunakan? Apakah yang 1 bulan atau 3 bulan? Bagaimana siklus haid Anda selama ini? 

Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik. Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Oleh karena itu kami tidak dapat memastikan apakah Anda hamil atau tidak karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk kemungkinan hamil bisa saja. Terlebih jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual di kala Anda sedang berada pada masa subur dan tidak menggunakan pengaman. Kami anjurkan agar Anda mencoba pemeriksaan test pack terlebih dahulu dan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar