Sukses

Benjolan Belakang Telinga

19 Oct 2014, 21:59 WIB
Wanita, 17 tahun.
dok telinga kakak saya sering terjadi benjolan yang berisi sperti jerawat tetapi kalau dipecah keluar darah dan ini sering dok. kalau sudah kempes ya normal ttpi kadang kambuh lagi. bnjolan di bagian telinga blakang bgian bawah. bagaimana ya dok trimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit di kulit memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan kakak Anda konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi yang optimal.

Merujuk dari keluhan Anda kemungkinan gejala tersebut adalah kista sebasea. Kista sebasea adalah suatu kantung tertutup yang ditemukan tepat di bawah kulit dan mengandung kulit mati, keratin dan bagian-bagian kulit lainnya. Penyebab pastinya belum diketahui, umumnya berasal dari pembengkakan folikel rambut atau cedera pada kulit.

Kista sebasea berukuran kecil dan dapat ditemukan pada bagian tubuh manapun, namun umumnya ditemukan pada kulit kepala, telinga, wajah, leher, punggung, atau kantung kemaluan (skrotum). Kista ini teraba kenyal dan mudah digerakkan, umumnya tidak menimbulkan nyeri. Warna kista sebasea dapat kekuningan atau berwarna daging, jika pecah akan mengeluarkan bahan berminyak yang menyerupai pasta atau keju. Terkadang dapat ditemukan adanya infeksi yang ditandai oleh kemerahan, nyeri, dan panas pada kista.

Kista sebasea seringkali menghilang secara spontan dan tidak berbahaya. Bila terjadi infeksi, dapat diberikan antibiotik jenis tertentu. Bila kista meradang tanpa adanya infeksi, dapat diberikan injeksi steroid pada kista tersebut. Namun terkadang kista sebasea dapat membesar dan mengganggu sehingga membutuhkan terapi pembedahan, yaitu mengangkat kantung kista beserta isinya. Terapi ini seringkali juga dilakukan dengan alasan kosmetik. Adapun biaya yang dikeluarkan bervariasi bergantung pada tempat dan dokter yang mengerjakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,



Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar