Sukses

Demam 4 Hari

20 Oct 2014, 05:15 WIB
Pria, 23 tahun.
Selamat siang dokter, saya menderita demam hampir empat hari dengan gejala suhu badan yang naik turun, sakit kepala hebat bagian belakang dan tengkuk, rasa nyeri di seluruh badan, rasa mual ingin muntah, perut terasa sakit dan tidak nyaman,nafsu makan saya juga menurun, makanan seperti hambar ketika dilidah. Saya sudah ke dokter dan dokter mendiagnosa saya hanya kecapekan saja. Saya diberi antibiotik dan obat proneuron, namun efeknya hanya beberapa saat saja. Menurut dokter saya sakit apa berdasarkan gejala tersebut? apakah ada indikasi demam berdarah atau demam tifoid? Haruskah cek ke lab saya dok untuk memastikan penyakit saya? Terima Kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali kami tidak dapat memastikan diagnosa penyakit Anda tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung, disini kami hanya dapat memberikan mengenai informasi kesehatan.

Sekilas akan kami bahas mengenai demam tifoid dan demam berdarah. Demam berdarah dan tipes masing-masing mempunyai ciri demam yang berbeda. Pada DB ciri khas demamnya mendadak, berbentuk seperti pelana kuda (naik dihari pertama dan kedua lalu menurun pada hari ketiga dan keempat, lalu meningkat kembali) sedangkan ciri khas demam typhoid adalah meningkat secara perlahan-lahan. Memiliki ciri khas, yakni sering timbul di sore hari, sedangkan pada siang hari tidak merasa demam, bahkan cenderung merasa sehat. 

Penyebab demam berdarah merupakan virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Sedangkan penyebab demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakter salmonella typhi.

Jika dilihat dari keluhan Anda memang bisa mengarah ke demam tifoid. Tetapi tetap harus dilakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan. Pemeriksan darah dapat Anda lakukan jika demam sudah lebih dari 3 hari untuk menentukan apakah infeksi bakteri atau virus atau sudah terjadi penurunan trombosit. Infeksi virus akan membaik sendiri dalam 3 - 7 hari. Bila setelah 1 minggu masih terdapat demam, sebaiknya Anda kembali ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut penyebab infeksinya. Untuk sementara, obat penurun panas saja sudah cukup. Selain itu, cukuplah beristirahat serta banyak minum air putih.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar