Sukses

Benjolan di Leher

20 May 2014, 11:34 WIB
Pria, 40 tahun.
Saya mempunyai benjolan yang ada di leher bawah sebelah kiri dekat ke arah bahu, saya baru menyadari ada benjolan ini kurang lebih satu bulan yang lalu. Benjolannya kalau saya tekan tidak sakit tapi kalau otot di dekat benjolannya saya tekan, terasa agak sakit. pertanyaan saya adalah: apakah benjolan ini berbahaya atau tidak? apakah ini tumor atau hanya pembengkakan kelenjar atau jaringan otot. kalau saya periksa ke rumah sakit sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis apa?

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • tumor jinak: lipoma
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain

Sudah berapa lama benjolan ini muncul? Kami membutuhkan informasi mengenai ukuran, konsistensi, batas, warna, dan lain-lain. Diagnosis penyakit paling baik dengan pemeriksaan fisik secara langsung. Kami sarankan agar Anda  memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak dan penanganan paling tepat.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar