Sukses

Sering Buang Air Kecil

19 May 2014, 16:20 WIB
Pria, 21 tahun.
dok..saya punya keluhan nih..keluhan saya, saya terlalu sering buang air kecil ( beser ) sehari bisa sampai 10-14 kali...pada saat saya buang air kecil saya tidak merasakan sakit apa apa dan warna urinnya juga normal dok...pokoknya normal saja seperti kencing biasa dok...tapi hanya terlalu sering dok...kenapa yah dok..??? solusinya bagaimana??? trimakasih wass

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keluhan Anda adalah buang air kecil yang sering. Apakah buang air kecil tersebut disadari atau tidak disadari? Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda? Apakah Anda termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? Apakah Anda memiliki riwayat stroke?

Buang air kecil yang sering dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar.
  3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,                    

 

                  

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar