Sukses

Telat Haid Apakah Hamil?

20 Oct 2014, 10:30 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pagi dok, saya mau bertanya... saya terkahr haid tgl 15 april 2014 selama 7 hari, sudah tgl 19 mei 2014 saya blm haid lagi.. semnggu sblm haid biasanya perut saya nyeri sekali tetapi bln mei ini nyeri trsbt tidak muncul,, dan hmpir semnggu ini kepala saya sakit dan mncul eneg d perut trkdng mual dan muntah, wlwpun begitu nafsu mkan saya meningkat smpai saat ini tidak pilih2 mkanan, payudara saya sdkit kencang ttp putingnya sprtiny blm ada perubahan, dan trkdgn keluar kputihan yg sngt encer dan tdk berbakat, saya sdh tespeck tgl 16 mei 2014 tapi msh negatif dan saya lihat tespeck itu expiredny juni 2014. smpai saat ni saya blm brani untk tespeck lgi tkut kecewa, yg saya ingin tanyakan apakah saya kemngknan hamil dok , klo tidk mengapa skrg tidak ad nyeri dperut saya pdhl dri awal saya dpt haid prtma (SMP) setiap mau haid psti nyeri dok, dan apa yg hrs saya lakukan dok? Terima kasih dok Note : 3 bulan trkhr haid siklusnya, 5 februari 2014 (7 hri), 5 maret 2014 (7 hri), 30 maret 2014 (3hri), 15 april 2014 (7 hri)

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari keluhan anda dan untuk mendapatkan terapi yang optimal

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Karena hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta pemeriksaan penunjang.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar