Sukses

Nyeri Perut Kiri & Susah BAB

20 Oct 2014, 09:37 WIB
Pria, 40 tahun.
Selamat siang dokter,saya mempunyai keluhan nyeri dibagian perut sebelah kiri,kadang sembelit dan pada saat BAB disertai keluar cairan darah,feses panjang dan kecil terkadang lembek seperti saat diare. Gejala apakah ini? Kondisi ini sdh berlangsung 1 minggu.Kemana saya hrs periksakan dan apakah perlu test laboratorium.Dan apakah ini gejala dari kanker usus besar,karna sy pernah baca artikelnya dan tanda2 nya sama seperti yg saya alami.Terima kasih atas perhatian dan jawaban dari dokter. Salam, Maulana

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Terdapat beberapa organ di dalam rongga abdomen/perut yaitu usus, lambung, liver/hati, limpa, ginjal. Gejala yang ditimbulkan akibat kelainan organ-organ tersebut dapat berbeda-beda. Beberapa gejala yang dapat muncul secara umum contohnya:

  • Gangguan lambung/maag, GERD: mual, muntah, nyeri ulu hati, rasa panas di kerongkongan, rasa pahit di mulut, begah, perut kembung, sering bersendawa, dan sebagainya
  • Infeksi saluran cerna: demam, nyeri perut, diare, konstipasi, nafsu makan menurun, dan sebagainya
  • Kanker usus: BAB berdarah, penurunan berat badan, nyeri perut, dan sebagainya
  • Penyakit hati: kuning, BAK seperti teh, BAB warna pucat, dan sebagainya.

Nyeri perut sebelah kiri dan rasa tidak nyaman pada perut mungkin disebabkan karena gangguan lambung. Bagaimana dengan pola makan Anda? Apakah Anda merokok, sering minum alkohol/kopi, sering mengkonsumi makanan pedas? Apakah terdapat penurunan berat badan yang signifikan dalam 1 bulan ini?

Kanker usus adalah pertumbuhan abnormal sel  pada  rongga usus. Gejalanya bisa berupa gangguan BAB, BAB berdarah, perut kembung, penurunan berat badan dan lemas.  

Diperlukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Oleh karena itu kami sarankan Anda konsultasi langsung ke dokter penyakit dalam agar mendapatkan terapi optimal.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar