Sukses

Pengobatan Regtinitis Pigmentosa

20 Oct 2014, 04:15 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat pagi yth.dokter, sy mau tanya, suami sy (usia 38 th), di diagnosa regtinitis pigmentosa stlh melakukan serangkaian pemeriksaan di dktr sp.retina di rs mata AINI. Dktr ktka itu hny memberikan vitamin saja (retivit plus), tanpa ada tindakan atau suruh cek up lg dlm bbrp periode wkt. Sy dan suami kcwa dan tdk puas dgn pelayanan dktr tsb. Dokter, apakah pnykt mata suami sy tsb dpt sembuh, apakah ada rekomendasi dokter atau rmh skt atau pengobatan yg dpt melyani kasus pnykt mata RP tsb? Trm ksh dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Retinitis Pigmentosa atau yang dikenal dengan singkatan RP adalah penyakit genetik yang mengakibatkan suatu kemunduran yang progresif pada retina yang mempengaruhi penglihatan pada malam hari dan penglihatan tepi dan pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan. Retinitis Pigmentosa mempengaruhi retina  atau lapisan sel-sel saraf yang berada dibelakang mata.

Ada dua macam sel saraf utama pada retina, yaitu sel yang berbentuk kerucut (cone cells) dan sel  berbentuk batang (rod cells). Sel kerucut adalah sel fotoreseptor berbentuk kerucut yang terletak di retina, bertanggung jawab untuk ketajaman visual (visi detail halus) dan visi warna dalam cahaya sedang atau terang. Sel batang adalah sel fotoreseptor di dalam retina yang dapat berfungsi pada kondisi cahaya yang redup. Sel batang berlawanan dengan sel kerucut.

Pada penderita RP, sel batang secara bertahap, lambat maupun cepat, kemampuannya makin berkurang, dan akhirnya sel kerucut kemampuannya akan makin berkurang pula, hingga mengakibatkan kebutaan.

Pengobatan efektif RP sembuh total memang belum ada sampai saat ini. Terdapat beberapa cara untuk menghambat terjadinya RP semakin parah yaitu dengan memakai kacamata hitam UV400 untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet, pemberian vitamin A dosis tinggi, dan terdapat penelitian terbaru mengenai terapi RP yaitu dengan mengkonsumsi DHA dan Omega-3 asam lemak.

Untuk pasien dengan retinitis pigmentosa awal terapi vitamin A, penambahan asam docosahexaenoic, 1.200 miligram per hari, memperlambat perjalanan penyakit selama dua tahun. Sedangkan makanan yang kaya omega-3 asam lemak (0,20 gram per hari atau lebih) memperlambat penurunan (kehilangan penglihatan).

Mengenai rumah sakit untuk melayani kasus mata Anda dapat berkunjung ke fitur "Cari Rumah Sakit" di website kami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar