Sukses

Sakit Mata Merah dan Sakit Kulit

19 Oct 2014, 06:46 WIB
Pria, 29 tahun.
Sebelumnya terima kasih banyak atas waktunya pak/bu Dokter. saya ada keluhan mata merah (mata kanan saja). keluhan waktu pertama mengalaminya, mata perih saat melihat cahaya terang (matahari), jika melihat cahaya lampu ada halo atau seperti pelangi disekitar lampu. catatan tambahan, saya tidak mengalami keluhan lain seperti mata belekan, kering atau terlalu berair. saya ke dokter spesialis mata, dan di resepkan 2 obat tetes, Vexol dan Vigamox (3x sehari) untuk 5 hari. selama masa pengobatan itu memang keluhan saya berangsur hilang. saya tidak silau lagi saat keluar rumah siang hari. dan tidak ada halo/pelangi di sekitar cahaya lampu. mata juga tidak merah lagi. saya kembali ke dokter mata lagi u/ observasi. dan memang mata saya tidak merah secara menyeluruh. tetapi tetap ada bagian yang merah di area atas bola mata. dokter meresepkan 1 salep mata TobraDex (ointment) 1x sehari sebelum tidur untuk 2 minggu. saya ikuti dengan baik treatment tersebut dan kemabali ke dokter setelah 2 minggu. hasilnya masih sama. dan memang saya rasakan tidak ada perubahan, mata bagian atas tetap merah (sektoral). di kunjungan ketiga, dokter meresepkan lebih banyak obat dengan dosis lebih banyak, 3 obat mata + 1 tablet. yaitu: TobraDex tetes (4x sehari) selama 1minggu TobraDex ointment (2x sehari) selama 1 minggu PRED FORTE tetes (5x sehari) selama 1 minggu PREDNISOLONE (10tablet @ 5gr sehari) selama 3 hari adakah saran pembanding dari bapak/ibu dokter untuk kasus saya? mungkinkah mata saya merah karena trauma? sebab mata saya sakit berbarengan dengan kerja saya yg overtime (hampir 24jam sehari selama 2 minggu didepan laptop) karena mengejar deadline pekerjaan. atau adakah cara pasti untuk mengecek infeksinya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur? catatan tambahan, tangan saya juga ada luka tidak kering (lebih dari 2 minggu). luka di tangan lebih dulu, kemudian tangan belum sembuh2, mata saya sakit dengan keluhan yg saya uraikan di atas. untuk luka ditangan, saya ke spesialis kulit. dokter mendiagnosa infeksi jamur. dan diresepkan salep antibiotik + tablet (selama 3 minggu). saya ikuti treatment dalam 1-2 hari luka langsung kering dan pulih. tapi saya tetap menjalankan treatment tersebut sampai selesai (masih berlangsung). saya belum mengikuti treatmen obat mata yg banyak tadi, karena saya baca di intruksi obat PREDNISOLONE kontrakdiktif dengan treatment u/ luka tangan saya. terima kasih sekali atas analisa dan waktu dokter. semoga dicatat dalam amal kebaikan bapak/ibu dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebenarnya sudah sangat baik karena Anda mengikuti pengobatan yang diberikan oleh dokter spesialis mata dan dokter spesialis kulit seperti yang Anda utarakan. Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah kontrol kembali ke dokter mata Anda, tanyakan apakah diagnosis dari mata merah "sektoral", apakah berbahaya atau dapat hilang. Utarakan juga bahwa Anda mendapat pengobatan antijamur untuk kulit. Apakah Anda sudah menceritakan ke dokter mata Anda? Pengobatan steroid sistemik yang diminum memang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur.

Mengenai diagnosis pasti apakah sebabnya jamur, bakteri, atau virus, diperlukan wawacara medis dan pemeriksaan fisik yang mendetil, dan pemeriksaan penunjang seperti kultur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar