Sukses

Konsumsi Suplemen Berlebih

20 Oct 2014, 04:48 WIB
Wanita, 22 tahun.
Hallo dokter yang baik hati.. Sudah 1 minggu ini saya mengkonsumsi suplemen kecantikan kulit. Suplemen yang saya konsumsi ada 2 macam. Yang satu mengandung glutathione sebanyak 1058mg/tablet. Yang satu lagi mengandung vitamin C sebanyak 1655mg/tablet. Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek samping untuk kesehatan saya dok apabila saya mengkonsumsi suplemen dengan kandungan sebanyak itu, karena saya mengkonsumsi suplemen itu masing-masing 1 tablet/hari. Karena saya pernah baca dari berbagai sumber kalau mengkonsumsi vitamin dalam jumlah yang tidak sesuai itu bisa mengganggu ginjal. Mohon dijawab yaa dok.. Terima kasih sebelumnya :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat, 

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Suplemen makanan dan vitamin dicerna oleh organ hati. Sebaiknya suplemen seperti ini diminun sesuai dengan anjuran dokter dan sesuai kebutuhan, karena jika tidak maka tubuh memerlukan tenaga ekstra untuk memecah - mecah komposisi yang terdapat dalam suplemen untuk dapat digunakan dan jika terlalu banyak justru dapat membahayak Anda.

Vitamin akan dibuang oleh urin jika tidak digunakan dan relatif aman, namun penambah energi biasanya terdapat zat zat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

The Food and Nutrition Board, U.S. National Academy of  Sciences menetapkan bahwa batas maksimum vitamin C yang masih dapat ditoleransi oleh tubuh dan tidak memberikan efek samping paling tidak 2000 mg per hari. Namun, lebih aman bagi kesehatan untuk mengonsumsi vitamin C kurang dari 1000 mg per hari. Untuk itu, bila asupan vitamin C telah dapat dicukupi oleh konsumsi makanan sehari-hari, maka suplemen vitamin C berlebihan tidak diperlukan.

Konsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat menyebabkan mual, gangguan sistem pencernaan, kram perut, diare, dan meskipun mekanismenya belum jelas kemungkinan faktor terjadinya batu ginjal meningkat. Perlu diingat, bahwa dampak negatif tersebut banyak ditemukan pada konsumsi suplemen vitamin C bukan pada konsumsi natural dari bahan makanan.

Jadi, akan sangat baik bagi kesehatan, bila kebutuhan tubuh kita akan vitamin C dipenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari yang seimbang, tanpa suplemen yang berlebihan. Sedangkan untuk kondisi tertentu, ketika penggunaan suplemen vitamin C diperlukan, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (PNA)

 

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter.

 

0 Komentar

Belum ada komentar