Sukses

Tubuh Lemah Sebelah

19 Oct 2014, 05:47 WIB
Pria, 37 tahun.
Selamat Pagi Dok, Adik saya, sekarang kondisinya sakit: -Tangan &kaki kanan lebih lemas dari yg kiri -Cenderung tidur terus, jika diajak bicara sebentar dia akan tertidur lagi -Suaranya pelan, kesannya malas atau karena kantuk -saya pernah tanya, katanya pusing dan pinggang kanan terasa panas & sakit Sudah 7hari dirawat dirumah sakit di Cirebon, di infus tapi belum ada kemajuan. Berdasarkan diagnosa RS. Waled - Kab. Cirebon: -hasil Rontgen, USG menunjukkan semuanya baik2 saja Keluhan & Riwayatnya: - Ada problem keluarga dengan istrinya (anak2nya ada di jakarta dg istrinya) - Dia merokok, kadang2 minum kopi atau air dingin dan soft drink - Dia pernah dirawat 30hari karena thypus, 30 tahun yg lalu. - dari garis keluarga, kakek pernah stroke, ibu gejala batu ginjal Mohon bantuan dokter, bagaimana jalan keluarnya agar adik saya kembali sehat dan apa penyebabnya. Terima kasih dok, Semoga Tuhan membalas kebaikan dokter. Danu
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Melihat dari cerita Anda, maka kami menangkap yang Anda maksudkan adalah hemiparesis. Apakah kelemahan di ekstremitas atas dan bawah? Berapa kekuatan motoriknya? Di bidang neurologi, penting sekali untuk mengetahui onset keluhannya. Apakah kelemahan tubuhnya akut atau perlahan-lahan? Bila akut, masalah tersebut berkaitan dengan vaskular (stroke hemoragik ataupun stroke iskhemik) atau trauma, bila terjadi perlahan-lahan, mungkin berkatian dengan tumor/space occupying lesion. Bila disertai demam, maka dapat saja infeksi saraf pusat (meningitis atau ensefalitis).

Melihat dari faktor risiko yang Anda sebutkan, yaitu  merokok dan riwayat keluarga dengan strok, maka mungkin adik Anda tersebut mengalami stroke. Perlu dibedakan terlebih dulu apakah pasien mengalami stroke iskhemik atau hemoragik, dengan pemeriksaan CT scan. Setelah mengetahui jenis strokenya, baru pengobatan mengikuti diagnosis. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar