Sukses

Lazy Eyes

16 May 2014, 12:12 WIB
Pria, 21 tahun.
Pagi, saya mau menanyakan. Pacar saya mata kiri nya buram.setelah saya cek ke dokter kemarin dokter bilang itu lazy eyes yang tidak diobati dr kecil. Pacar saya cewek umur 21tahun. Mata kiri +5.75 dan silinder 1.75 mata kanan normal dan bagus. Saya mau menanyakan, apakah mata kiri nya nanti bakal mengalami kebutaan? Apakah bisa menjadi keturunan untuk anaknya kelak? Dan apa ada solusi supaya mata nya setidaknya lebih membaik? Tolong sarannya, Thanks. David

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menjelaskan sekilas mengenai lazy eyes.

Lazy eyes dalam bahasa medis dinamakan Amblyopia. Kelainan ini merupakan penyebab terbanyak gangguan penglihatan pada anak-anak yang sifatnya ireversibel . Kelainan juga salah satu penyebab kebutaan yang terjadi pada anak-anak. Penurunan fungsi penglihatan ini terjadi karena adanya kegagalan stimulasi (rangsangan) penglihatan atau tidak cukup adekuatnya stimulasi (rangsangan) yang ditransmisikan dari saraf optikus ke otak pada periode tertentu. Menyebabkan suatu kondisi dimana otak hanya mengutamakan respon sinyal saraf dari satu mata. Mata yang lemah cenderung diabaikan sehingga membuatnya kehilangan fungsi dan kemampuan normalnya. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik,  akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.  Karena tidak pernah digunakan, maka minus mata akan semakin bertambah banyak.Kelainan ini dapat terjadi bahkan pada mata dengan struktur normal. Seringnya terjadi pada satu mata. 

Saya mau menanyakan, apakah mata kiri nya nanti bakal mengalami kebutaan?

Jika tidak diobati dengan segera amblyopia memang bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan penglihatan ringan sampai parah. 

Apakah bisa menjadi keturunan untuk anaknya kelak?

Karena salah satu faktor penyebab amblyopia adalah genetik, maka iya dapat diturunkan kepada anak. Akan tetapi penanganan amblyopia yang secara dini dilakukan bisa dapat dicegah kerusakan ke depannya dan penglihatan tidak akan terganggu. AOA (The American Optometric Association) merekomendasikan anak-anak melakukan pemeriksaan mata di umur 6 bulan dan 3 tahun.

Apa ada solusi supaya mata setidaknya lebih membaik? 

Solusi biasanya dengan koreksi kacamata. Jika telah ada gangguan mata seperti ptosis (turunnya kelopak mata) dan katarak maka disarankan terapi dengan cara operasi.

Kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis mata agar dapat dilakukan terapi yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Asupan untuk Mata Sehat

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar