Sukses

Gatal Pada Payudara, Bukan Berarti Kanker

20 Oct 2014, 11:09 WIB
Pria, 36 tahun.
payudara sebelah kiri pasangan saya awalnya gatal-gatal di sekitar puting payudara sudah terjadi 2 minggu ini, sering di garuk sampai saat ini malah terjadi luka. pertanyaan nya : apa ini gejala kanker atau hanya penyakit kulit biasa? sebelumnya ; 1. Pemakaian bra yang salah, bra seharusnya digunakan untuk melindungi payudara. Tapi jika bra digunakan dengan tidak tepat seperti terlalu ketat, tidak mencuci dengan bersih serta bahan dari bra tidak cocok dengan kulit bisa memicu gatal. Memakai bra dengan ukuran yang tidak pas bisa merangsang rasa gatal di kulit. 2. Stres, seperti diketahui stres bisa meningkatkan rasa gatal termasuk di payudara yang memicu orang untuk menggaruknya sehingga menyebabkan mudahnya terkena infeksi terlebih stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. 3. Alergi atau iritasi pada kulit yang melapisi payudara, seperti dari paparan bahan kimia, residu dari deterjen yang bisa mengaktifkan sistem kkebalan tubuh, kosmetik yang biasanya menyebabkan kemerahan, gatal dan ruam. 4. Infeksi, gatal yang muncul biasanya disebabkan oleh infeksi payudara yang disebut mastitis dan sangat sering terjadi pada perempuan yang sedang menyusui. Hal ini karena saat menyusui sebabkan kulit di sekitar puting kering sehingga memungkinkan bakteri dan virus masuk ke dalam payudara dan infeksi. Infeksi lain yang bisa menyebabkan payudara gatal seperti infeksi jamur, eksim, cacar serta kudis. 5. Kanker payudara, gatal ini mungkin juga menunjukkan bentuk tertentu dari kanker payudara yaitu inflammatory breast cancer yang bisa menyebabkan infeksi seperti gejala gatal-gatal. Umumnya payudara membesar, merah, bengkak, sakit, kulit bersisik dan gatal. untuk poin 5 cuma hanya gatal saja, dan menurut hemat penglihatan kami berdua 1-4 poin tsb memang iya. mohon solusi dan pengobatannya, apa saja obatnya dan apakan bisa di dapat obat itu tanpa harus dengan resep dokter? apa nama obat tersebut? berupa salep,powder,atau kapsul yg harus di minum? terimaakasih dokter.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kanker ataupun tumor payudara ditandai dengan adanya benjolan payudara, rasa gatal pada area puting susu bukanlah salah satu gejala dari kanker payudara. Sebagai informasi bagi Anda, kami adalah forum edukatif, dimana kami tidak diperkenankan untuk memberikan resep dan pengobatan TANPA melakukan pemeriksaan dan wawancara medis terlebih dahulu. Sebagai informasi bagi Anda guna mengurangi kekhawatiran Anda mengenai tumor dan kanker payudara, bahwasanya terdapat beberapa penyebab benjolan pada payudara dengan karakteristik yang berbeda-beda. infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Bila benjolan tersebut hilang timbul maka kemungkinan bukan merupakan tumor yang dapat menjadi ganas. Kami sarankan agar Anda mengunjungi Dokter spesialis kulit untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

2 Komentar

  • Ame******

    Saya baru kali ini dok,,? Knp y

  • Ame******

    Selamat malam dok? Dok,,,saya mau tanya kenapa y akhir-akhir ini bagian payudara saya terasa gatal. Apa penyebabnya dok.tolong jawab y dok???. Terima kasih