Sukses

Telinga Kemasukan Air

17 May 2014, 18:05 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok,telinga kanan saya bindeng seperti kemasukan air. Awalnya pd hr Selasa saat saya keramas,telinga kanan saya seperti kemasukan air. Segala upaya sudah saya lakukan dalam menangani bindeng ini,tp tak kunjung kembali normal. Dari memasukkan air lg ke telinga kanan supaya air yang didalam bisa keluar, mengelap telinga kanan dengan ganduk supaya air/udaranya keluar, ditiup telinga kanannyam, dibersihkan dengan menggunakan cotton bud+baby oil, serta tidur dengan posisi telinga kanan da dibawah. Namun, Sampai hari ini telinga kanan saya masih bindeng. Bagaimana Cara menghilangkannya? Apa saya perlu periksa ke rumah sakit? Tolong solusinya ya Dok, karena rasanya gak nyaman sekali di pendengaran telinga kanan saya. Terima kasih sebelumnya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telinga berdengung yang terjadi setelah riwayat kemasukan air, dapat dikarenakan oleh berbagai macam penyebab. Terdapat kemungkinan adanya kotoran telinga atau serumen yang menumpuk, mengeras dan mengembang karena kemasukan air. Serumen yang seperti itu dapat menyebabkan keluhan telinga mendengung dan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Selain dikarena serumen, penyebab lainnya dapat berasal dari infeksi telinga, penyakit yang berhubungan dengan syaraf telinga ataupun gangguan pada bagian gigi dan mulut serta rahang. Untuk menangani keluhan Anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi telinga Anda pada dokter spesialis THT. Jangan memberikan obat tetes tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemberian obat tetes terutama pada mereka dengan gangguan pada gendang telinga dapat berakibat fatal dan merusak fungsi pendengaran. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

6 Tanda Telinga Anda Bermasalah

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar