Sukses

Efek Samping Penggunaan Kondom

20 Oct 2014, 02:23 WIB
Pria, 25 tahun.
Selamat pagi, izin bertanya dok. jika seseorang melakukan hub memakai pengaman, tetapi pengaman tersebut sudh terbuka segelnya tetapi dalamnya masih utuh atau bagus dalam pandangan mata. apakah itu berpengaruh terhadap kelamin pria dok? Atau akan ada efek sampingnya? Terimakasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah yang Anda maksud dengan berpengaruh atau efek samping pada kelamin pria? Apakah yang Anda maksud adalah kondom tersebut menjadi tidak bermanfaat atau bagaimana?

Kondom untuk lelaki bekerja dengan cara menampung air mani dan sperma di dalam kantung kondom dan mencegahnya memasuki saluran reproduksi wanita. Kondom terdiri dari 2 jenis, yaitu kondom kulit dan kondom karet yang lebih elastis sehinga lebih banyak dipakai.

Kondom pria harus dipakai setelah ereksi dan sebelum alat kelamin pria penetrasi ke dalam vagina yang meliputi separuh bagian penis yang ereksi. Tidak boleh terlalu ketat (ada tempat kosong di ujung untuk menampung sperma). Kondom harus dilepas setelah ejakulasi. Kegagalan kondom umumnya terjadi karena pemakaian yang tidak benar.

  • Efektivitas
    Kehamilan terjadi pada 3-14/100 wanita
  • Keuntungan
    Dapat digunakan selama menyusui, satu-satunya kontrasepsi yang mencegah IMS, infeksi GO, klamidia, murah dan mudah didapat
  • Kerugian
    Kegagalan tinggi bila tidak digunakan dengan benar, alergi lateks pada orang yang sensitif

Untuk menjawab pertanyaan Anda kami sertakan beberapa artikel berikut yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar